Jumat, 23 Juli 2010

Membuat Thermometer dengan Bahan-bahan Sederhana

Pernah kah anda mencoba mengukur suhu tubuh anda dengan Termometer? Meninggkat anda!!! Termometer adalah alat untuk mengukur suhu. Biasanya termometer terdapat di rumah sakit atau di laboratorium, tetapi kalian bisa buat termometer sendiri dari bahan-bahan yang ada di sekitar rumah. Penasaran? ayo kita bikin

Alat dan bahan yang diperlukan:
  1. Air atau alkohol
  2. Pewarna
  3. Botol
  4. Sedotan
  5. Malam atau tanah liat

Langkah-langkah pembuatan:
  1. Tuangkan sedikit air yang diberi warna ke dalam botol.
  2. Masukkan sedotan minuman hingga menyentuh permukaan air dalam botol.
  3. Tutup dengan rapat-rapat sekeliling ujung lubang leher botol dengan tanah liat sehingga tidak ada udara yang bisa masuk.
  4. Gosok dengan tangan botol tersebut dan jika diperhatikan baik-baik air dalam sedotan akan mulai naik.

Apa yang terjadi?
Ketika kita menggosok-gosok botol tersebut dengan tangan, udara yang tertutup dalam botol memuai karena gaya gesekan antara tangan dan botol. Molekul-molekul bertabrakan makin cepat dan lebih keras. Udara menekan permukaan air dan air naik ke dalam pipa sedotan, sehingga kedudukan permukaan air dalam pipa sedotan menunjukkan derajat panas. Dalam termometer biasa yang memuai adalah raksa yang berada dalam pipa kapiler.

MaschanLee

1 komentar:

JASON JORDANLY mengatakan...

@Dede: Saya usahakan untuk membuat Artikel di Blog maschanlee.blogspot.com lebih bagus lagi, agar bisa bermanfaat bagi semua yg membutuhkan informasi2 Dunia Pendidikan dan Ilmu Budaya.

Salam anda kepada Pak Wahyu Hari Kristianto akan saya sampaikan. saat ini beliau bertugas di SOE.

Saya berharap anda pengunjung setia Blogg ini.

GBU